Yuk lakukan aksi ini untuk mengurangi pemanasan global!

Hallo, semakin banyak jumlah penduduk di bumi ini maka semakin meningkat pula kebutuhan bahan bakar yang diperlukan, selain itu bertambah pula kebutuhan yang lain seperti pemakaian listrik, bertambahnya jumlah timbulan sampah, dan sebagainya. Dengan pertambahan penduduk yang semakin meningkat tersebut maka akan berdampak pada pemanasan global.

Pemanasan global pun semakin meningkat, tetapi lahan hutan yang ada di sekitar kita pun semakin berkurang. Sehingga, tidak mampu untuk mengendalikan pemanasan global tersebut. Tetapi, kita bisa melakukan hal kecil untuk meminimalisir pemanasan global itu loh! Kira-kira hal kecil apa saja yang bisa kita lakukan? Yuk, kita mulai dari hal kecil ini dulu untuk terus menjaga bumi ini.

 

Mengurangi Pemakaian kendaraan bermotor

Semakin meningkatnya jumlah penduduk sehingga menyebabkan kebutuhan alat transportasi pun semakin meningkat. Memang dengan alat transportasi yang sekarang udah gak terbatas akan membuat segala hal jadi mudah. Tetapi, dampaknya ternyata gak baik loh buat bumi ini. Bisa membuat pemanasan global semakin meningkat dan menambah polusi udara juga.

Nah, hal yang bisa kalian lakukan ya meminimalisir penggunaan kendaraan bermotor. Misal, dengan cara jalan kaki untuk menuju kampus yang dekat kostan ataupun rumah. Bisa juga tuh dengan cara nebeng teman aja kalau ke kampus, atau kalau mau sih pakai sepeda lumayan mengurangi pemakaian bahan bakar dan juga sekalian olahraga loh!

Hemat listrik

Hayo siapa yang setelah charger handphone tapi gak pernah dilepas colokannya? Atau mau cepat-cepat ke kampus lupa mematikan lampu kamar kostan? Nah, mematikan lampu disiang hari salah satu hal menghemat listrik loh. Selain itu, mematikan televisi, computer, dan barang-barang elektronik lainnya juga salah satu langkah menghemat energi. Meskipun terlihat hal kecil, tapi dampak untuk mengurangi pemanasan global semakin meningkat ini berpengaruh banget.

Jangan tebang pohon, perbanyak pohon

Semakin meningkat pertumbuhan penduduk, maka meningkat pula permukiman sehingga lahan untuk pohon pun semakin berkurang. Bahkan, pohon-pohon yang tersedia ditebang untuk membuka lahan baru. Nah, seharusnya untuk meminimalisir peningkatan pemanasan global harus memperbanyak pohon disekitar. Karena, dengan adanya pohon dapat menyerap karbon dioksida dan mengeluarkan oksigen. So, manfaatkanlah lahan yang tersedia untuk menanam pohon lebih banyak lagi ya!

So, itulah hal-hal kecil yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir peningkatan pemanasan global. Yuk, kita mulai dari hal kecil dulu untuk menjaga bumi ini. Dimulai dari hal kecil dulu dan diri sendiri dulu.

Kontributor : Fatimah Aqila – Universitas Lambung Mangkurat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »