Tanam pohon, Lestarikan Kehidupan

Peningkatan suhu rata rata bumi (pemanasan global) sudah tidak bisa dihindari lagi, apa yang saya rasakan pasti sama dengan yang teman-teman rasakan, bumi terasa semakin panas dan cuaca tidak bisa di tebak lagi,ini bukan permasalahan satu atau dua wilayah saja tetapi dunia, sebagian besar penyebabnya adalah dari kegiatan manusia itu sendiri.

Pembangunan infrastruktur yang pesat, produksi industri secara besar-besaran, dan banyaknya penggunanaan transportasi pribadi, serta pembukaan lahan menjadi faktor yang berpengaruh besar terhadap pemanasan global.

Pohon merupakan salah satu mahluk hidup yang dapat menyelamatkan bumi kita dari pemanasan global. Pohon mempunyai banyak manfaat, salah satunya adalah menyerap karbondioksida dan menghasilkan oksigen namun keberadaan nya saat ini semakin berkurang akibat pembangunan perumahan, kantor, mal,jalan raya dlsb.

Gambar diatas adalah  kondisi di samping Universitas Bhayangkara Jaya, contoh kecil dari banyak nya kasus pembukaan lahan untuk pembangunan, lahan yang semula sawah dan kebun menjadi rumah rumah yang seolah tidak pernah cukup, menurut saya alasan kenapa orang tidak menanam mungkin karena kurang adanya kesadaran tentang manfaat pohon bagi kehidupan, atau sudah ada kesadaran tetapi salah sangka dengan mengira bahwa menanam pohon itu adalah tugas pemerintah bukan kita, serta bingung karna tidak mempunyai lahan untuk menanam, seharusnya kita sadar bahwa pohon adalah pelestari kehidupan, selain pohon berfungsi untuk menjaga udara agar tetap sehat pohon juga menyediakan makanan, menyediakan energi, menjaga mata air dan secara keseluruhan menjadi bagian dari ekosistem  kehidupan yang tidak boleh terputus.

Oleh sebab itu saya harap “Aksi baik” semacam menanam pohon ini harus jadi kewajiban bagi semua orang bukan pemerintah atau kelompok-kelompok tertentu saja, agar setidaknya kita masih punya harapan untuk keberlangsungan masa depan.

Salam Lestari..

 

Kontributor :

Albie Bagas Baskara

Universitas Bhayangkara Jaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »