Green Living, Aksi Baik untuk Bumiku

Belakangan ini, trend ‘green living’ makin marak digunakan. Pada saat ini masyarakat dunia memang tengah menaruh perhatian besar pada masalah lingkungan dan gerakan cinta lingkungan telah menjadi gerakan global yang dianjurkan pelaksanaannya di seluruh dunia. Gerakan ini dipicu oleh memburuknya kondisi bumi akibat eksploitasi sumber daya alam dan polusi.

Jangan berpikir tugas ”menyelamatkan” dunia ini hanya dilakukan oleh para ahli atau organisasi besar. Justru tindakan sayang lingkungan di tingkat individu-lah yang berperan paling besar dalam mengurangi polusi dan menghemat sumber daya. Gaya hidup bertanggung jawab dan lebih ramah lingkungan sebenarnya bukan hal susah, relatif mudah dilakukan. Tergantung seberapa besar keinginan dan kesungguhan kita dalam melakukannya. Untuk memulai kebiasaan green living yang sederhana, simak beberapa tips berikut ya!

  • Mematikan alat elektronik bila tidak digunakan
Green Living, Aksi Baik untuk Bumiku

Sumber : Google

Ketika kita akan keluar ruangan dengan terburu-buru, tak jarang kita lupa mematikan lampu ruangan. Atau kadang-kadang setelah selesai men-charger barang elektronik, kita malas mencabutnya. Nah sadarkah kita bahwa hal tersebut merupakan salah satu bentuk pemborosan energi? Jadi mulai sekarang jangan malas untuk mematikan lampu dan mencabut chargermu ya!

  • Memilah sampah sesuai karakteristiknya
Green Living, Aksi Baik untuk Bumiku

Sumber : Google

Sudahkah kita menerapkan pemilahan sampah yang kita hasilkan? Karena dengan memilah sampah, selain membantu petugas pengumpul sampah, kita juga ikut serta mempermudah pengelolaan sampah yang dilakukan lo!

  • Mengurangi penggunaan plastik
Green Living, Aksi Baik untuk Bumiku

Sumber : Google

Plastik yang kita buang ke lingkungan ternyata lama loh waktu penguraiannya, sedangkan hampir setiap saat kita menghasilkan sampah plastik. Jadi bisa bayangin gak kira-kira 25 tahun ke depan mau seperti apa bumi kita? Jadi, yuk kurangi sampah plastik! Gampang kok caranya, cek infografis di atas ya.

  • Menghemat penggunaan energi
Green Living, Aksi Baik untuk Bumiku

Sumber : Google

Energi yang kita digunakan dalam kehidupan sehari-hari sebagian besar berasal dari bahan bakar fosil, nah bahan bakar fosil itu sendiri terbentuk selama jutaan tahun lamanya, sedangkan sumber cadangan bahan bakar fosil makin hari makin terbatas. So guys, yuk hemat penggunaan energi untuk masa depan yang lebih baik.

  • Menghemat penggunaan air
Green Living, Aksi Baik untuk Bumiku

Sumber : Google

Bicara soal air, dalam hidup kita sangat membutuhkan keberadaan air. Keberadaan air di bumi sangat melimpah, tapi ternyata air lama kelamaan bisa habis loh. Jadi, jangan lupa hemat air untuk generasi penerus kita nanti ya!

  • Menerapkan 3R
Green Living, Aksi Baik untuk Bumiku

Sumber : Google

Reduce, Reuse, Recycle pasti sudah teramat melekat kan di telinga anak Teknik Lingkungan. Jadi ternyata banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan 3R ini, selain dapat menghemat biaya dan memanfaatkan kembali barang yang kita pakai ternyata 3R juga dapat kita terapkan untuk menyayangi bumi kita loh. Jadi, masih ragu untuk memulai kegiatan 3R

  • Memperbanyak tanaman
Green Living, Aksi Baik untuk Bumiku

Sumber : Google

Tanaman hijau merupakan salah satu sumber oksigen kita loh guys! Selain itu tanaman juga dapat mencegah erosi, menjadi tempat tinggal berbagai jenis hewan, juga dapat menyejukkan lingkungan, apalagi buat kita yang tinggal di kota besar yang penuh polusi. Gak perlu pohon yang besar-besar loh, menanam tanaman yang mungil seperti kaktus dan tanaman hias juga sudah cukup kok. Asalkan dirawat dengan baik ya!

Jadi kebiasaan mana yang akan kamu terapkan terlebih dahulu?

Oleh :

Pandu Putri Pamungkas

Universitas Airlangga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »